Kamis, 09 Oktober 2014

Harbin ( City Of Ice )



Tugas Softskill
Nama : Desy Permata Sari
Npm  : 1A213310
Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar

 HARBIN (City Of Ice )
 
Kota Harbin ((Tionghoa)  adalah sebuah kota sub-provinsi dan ibu kota Provinsi Heilongjiang di timur laut Tiongkok. Letaknya di tepi selatan Sungai Songhua. Harbin merupakan kota industri yang makmur. Dia juga merupakan pusat politik, ekonomi, ilmiah, budaya, dan komunikasi di China Timur laut. Harbin dikenal sebagai salah satu kota utama di China dan Asia Timur laut.

        Hongbo Square
  • Letak kota: Distrik Daoli
  • Penduduk: 9.410.000 jiwa (2001)
  • Wilayah: 53.775 km², 1.637 km² urban
  • Koordinat geografis: 125°42′-130°10′BT, 44°04′-46°40′ LU
  • PDB: ¥141,48 miliar (sekitar 17,149 miliar dolar AS) pada 2004, urutan ke-17 dari PDB total dan ke-29 dalam PDB per kapita di antara kota-kota China
  • Competitive Ability: Urutan ke-10 dalam "2004 Chinese City Competitive Ability Reports"
  • Wali kota: Zhang Xiaolian (张效廉): sejak Februari 2007
Harbin memiliki nama julukan 'Mutiara di leher angsa' karena bentuk Heilongjiang yang menyerupai seekor angsa, atau sebagai 'Moskwa Oriental' atau 'Paris Oriental' karena arsitekturnya. Harbin juga dikenal sebagai 'Kota Es' karena musim dinginnya yang panjang dan dingin. karena hampir sepanjang tahun kota ini diliputi musim dingin. Hanya sekitar dua bulan kota ini mengalami musim panas. Jadi, bisa dibayangkan bila musim dingin tiba, Harbin akan ditutupi salju dan es karena suhunya akan mencapai 40 minus drajat Celcius pada puncak dinginnya.

Meski selalu ditutupi es dan dinginnya udara, ternyata kota ini tetap dapat maju menjadi kota industri yang diperhitungkan dunia. Bahkan, karena unsur uniknya, setiap tahunya Harbin mampu menyelenggarakan pameran es dan salju terbesar di dunia. dengan adanya acara ini setiap tahun banyak wisatawan dari berbagai dunia yang mengunjungi Harbin untuk melihat kemeriahan acara yang berlangsung.

Festival Internasional salju dan Es Harbin adalah festival salju tahunan yang diadakan di kota harbin, ibu kota provinsi heilongjiang,   Timur laut Tiongkok.Pahatan es berbagai bentuk yang dipadu padankan dengan lampu warna warni benar-benar memukau mata yang melihatnya.
Hasil gambar untuk kota es
Festifal tersebut dibuka secara resmi setiap januari dan berlangsung selama sebulan penuh. Meski demikian pameran pahatan salju di taman pulau matahari  (Taiyang dao Gongyuan) sering dibuka lebih awal yakni pada November, dan masa pameran diperpanjang selama es dan salju tersebut belum mencair.

Pameran diadakan di 3 lokasi utama, Yaitu Taman Pulau Matahari untuk pahatan Es dan salju., Dunia Salju dan Es (Bingxue Gong) untuk replika bangunan dari balok-balok es dan salju, serta Taman Zhaolin untuk lampion es. Pameran dimeriahkan dengan lampu berwarna-warni, musik, dan pesta kembang api.

Festifal Tahunan Ini telah diselenggarakan sejak 1963. Kemudian berhenti sementara waktu selama revolusi kebudayaan. tetapi telah kembali diadakan pada tahun 1985. Festival Harbin merupakan salah satu dari empat dunia festival es dan salju terbesar. selain Sapporo Snow Festival di jepang, karnaval musim dingin di Quebec, Kanada dan ski festifal di Norwegia.
Keseruan pun semakin lengkap dengan adanya agenda acara berupa berenang di air es Sungai Songhua, pertandingan hoki es, sepak bola di lapangan es, dan turnamen ski. Selain itu panitis juga mengadakan lomba memahat es, lomba seluncur es, menulis puisi dll. Festival ini juga diikuti pemahat es dan salju dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Singapura, dan Rusia.

Selain keseruan festival tersebut, mengunjungi Volga Monar merupakan dan Katedral Saint Nicholas juga tak dapat terlewatkan begitu saja. Volga Monar  merupaka sebuah taman hutan bergaya Rusia terletak sekitar 29 Kilometer dari Saint Sophia Square di kota kecil bernama Chenggaozi sedangkan, Katedral Saint Nicholas merupakan gereja kayu yang dibangun pada 1899 dan selesai pada 1990. Terletak di Central Square Harbin. Semua destinasi menarik tersebut dapat anda kunjungi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar